6 Cara Memperbaiki Komputer No Signal

Mengatasi Komputer No Signal - Hallo sahabat Tonjong Blog selamat berjumpa kembali dengan blog sederhana ini namun admin selalu berharap bahwa postingan-postingannya dapat bermanfaat bagi para pengunjung semua, terutama postingan ini yang membahas bagaimana sebuah komputer ketika dihidupkan muncul pesan no signal pada layar monitor dan tidak menampilkan apa -apa.

Mungkin sobat pernah mengalami kondisi ketika menghidupkan sebuah komputer dengan normal namun di monitor hanya muncul tulisan no signal saja alias monitor tidak mendeteksi ada perangkat yang tersambung, padahal tentunya kabel sudah tersambung dengan benar, namun monitor tidak mendeteksinya, lantas bagaimana mengatasi komputer no signal, silahkan simak artikel ini seluruhnya.
6 Cara Memperbaiki  Komputer No Signal

Komputer error no signal ini biasanya terjadi karena ada salah satu perangkat komputer ( Hardware) yang rusak, dan jarang terjadi kerusakan pada sofware komputer. jadi ketika sobat mengalami gejala No Signal ini silahkan periksa dengan teliti mungkin kabel sambungan dari komputer ke monitor terlepas atau kurang pas menyambungnya.

Cara Memperbaiki  Komputer No Signal

Berikut ini ada beberapa langkah atau cara yang bisa sobat lakukan ketika sobat mengalami kendala Komputer No Signal entah itu ketika komputer pertama kali dihidupkan ataupun ketika komputer sedang hidup kemudian tiba-tiba muncul pesan No Signal pada layar komputer / monitornya.

1. Kabel Monitor

Yang paling sering terjadi ketika komputer no signal biasa terjadi karena masalah sambungan kabel yang menghubungkan komputer dengan monitor yang bermasalah, baik itu longgar ataupun putus, jadi admin sarankan silahkan sobat cek baik-baik pemasangan kabelnya dan pastikan kabel tersambung dengan benar.

2. Mengganti Kabel Monitor

Ketika kabel monitor sudah terpasang dengan benar namun layar monitor masih saja no signal admin , Perlu sobat ketahui bahwa Kabel konektor VGA Card ke komputer, ada 3 jenis yang biasa dipakai. Kabel VGA, DVI, dan HDMI. Cobalah untuk ganti kabel konektor yang digunakan untuk menyambung komputer ke monitor. Jika normal kembali, itu artinya kabelnya memang positif rusak. jadi admin sarankan silahkan ganti kabel monitornya jadi coba pinjam dulu punya teman mudah mudahan bagus.

3. Ganti Konverter kabel ( Port)

Beberapa user PC, ada yang punya monitor dengan port yang tidak sesuai dengan spesifikasi VGA. Contohnya, VGA yang dipakai hanya support DVI dan HDMI. Sedangkan monitornya hanya support port VGA saja. Sehingga VGA card tidak bisa disambungkan ke monitor.

Perlu sobat ketahui bahwa Ada dua jenis konverter yang biasa digunakan. Yaitu konverter aktif dan konverter pasif.

Untuk konverter pasif memiliki harga yang relatif jauh lebih murah dibanding konverter aktif. Jadi kebanyakan orang lebih memilih untuk memakai konverter pasif. namun berdasarkan pengalaman saya,konverter pasif tidak selalu bekerja dengan normal.

4. Cek Monitor
Jika cara 1,2 dan 3 masih belum bisa menyelesaikan masalah komputer no signal langkah selanjutnya sobat cek apakah monitornya normal atau bermasalah, atau bisa sobat pinjam monitor punya teman atau tetangga, kalau monitor tidak ada masalah lanjut ke cara berikutnya.

5. Cek kartu Grafis ( VGA)
Masalah komputer no signal bisa saja karena kerusakan VGA komputer, jadi sobat coba periksa VGA nya atau bisa sobat Gunakan VGA bawaan komputernya saja.

6. Cek Matherboard

ketika ternyata VGA nya yang rusak apalagi jika VGA onboard maka sobat mau tidak mau harus diservice atau kalau mau yang lebih simple sobat bisa mengganti Matherboardnya namun tentunya ini membutuhkan dana yang lumayan.

Demikian artikel cara mengatasi komputer no signal, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat semua.

0 Response to "6 Cara Memperbaiki Komputer No Signal"

Post a Comment